Retur Servis Erzap ERP: Menjaga Kualitas Layanan Hingga Tuntas

01-05-2025 14:30:56, Dibaca: 137

Retur Servis: Menjaga Kualitas Layanan Hingga Tuntas

Dalam dunia layanan purna jual, tidak semua proses servis berakhir tanpa kendala. Terkadang, pelanggan kembali setelah beberapa waktu karena unit yang telah diperbaiki mengalami gangguan serupa atau baru. Untuk mengantisipasi dan menangani situasi ini secara profesional, Erzap menyediakan fitur Retur Servis yang dapat diakses melalui dashboard back office.

Fitur ini dirancang untuk membantu tim teknisi dan administrasi mencatat ulang servis dengan cara yang rapi, terstruktur, dan terintegrasi langsung dengan histori perbaikan sebelumnya.

Fitur-Fitur Utama Retur Servis di Erzap

1. Pilih Sparepart yang Diretur

Setiap proses retur memungkinkan pengguna untuk memilih sparepart mana saja yang ingin dikembalikan atau diklaim ulang. Fitur ini sangat penting untuk memastikan transparansi dan keakuratan dalam proses evaluasi ulang.

2. Opsi Pengembalian Stok

Sparepart yang diretur bisa dipilih untuk:

  • Dikembalikan ke dalam stok (jika masih layak pakai), atau

  • Tidak dikembalikan ke stok (jika rusak atau tidak dapat digunakan kembali).

Pilihan ini memberikan fleksibilitas kepada bagian gudang dan administrasi untuk mengelola persediaan dengan lebih realistis.

3. Riwayat Retur Terintegrasi

Setiap proses retur akan terhubung langsung dengan riwayat servis terdahulu. Hal ini memudahkan pelacakan performa servis, evaluasi teknisi, hingga identifikasi pola gangguan dari unit tertentu atau jenis sparepart tertentu.

Melakukan Retur Servis Erzap ERP

Untuk melakukan Retur Servis, Anda dapat klik Lihat pada Kelola servis, kemudian klik tombol Retur Servis Ini.

Anda dapat memilih spare part mana yang akan diretur, tandai pilihan Spare part dikembalikan jika spare part tersebut akan menambah jumlah stok.

Kemudian pilih Gudang untuk pengembalian, akun kas dan jenis pembayaran.

Berikut adalah notifikasi jika proses retur berhasil dilakukan, dan halaman akan dimuat ulang.

Kembali pada halaman kelola servis elektronik, akan terdapat tombol tambahan yaitu Data Retur.

Klik untuk melihat Daftar Nota Retur.

Berikut adalah nota retur yang dihasilkan.

Berikut adalah status Servis yang di Retur, jika tidak semua spare part di retur maka statusnya menjadi Retur Sebagian.

Jika semua spare part di retur maka statusnya menjadi Retur Seluruhnya.

Pembatalan Retur Servis

Untuk melakukan pembatalan Retur Servis, Anda dapat klik Batalkan pada Daftar Nota Retur.

Perhatikan data servis sebelum dibatalkan, klik Batalkan untuk melanjutkan proses.

Pilih Ok jika Anda yakin untuk membatalkan Retur Servis.

Berikut adalah tampilan pembatalan retur yang telah berhasil dibatalkan.

Menjamin Kualitas dan Kepuasan Pelanggan

Dengan dukungan fitur Retur Servis ini, Erzap memastikan bahwa layanan tidak berhenti pada tahap perbaikan awal saja. Komitmen terhadap kepuasan pelanggan terus dijaga dengan proses penanganan lanjutan yang profesional, terdokumentasi, dan mudah ditelusuri.

Retur bukan lagi hambatan, melainkan bentuk nyata dari layanan purna jual yang bertanggung jawab dan berkualitas.


Sekian tutorial Retur Servis Erzap ERP: Menjaga Kualitas Layanan Hingga Tuntas, untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZAP, Terima Kasih

Fitur Deposit Pelanggan

31-07-2020 - Dibaca: 5062 kali.
Melancarakan Inovasi Tanpa Henti ! Kini Erzap telah mengembangkan Modul CRM dengan menambahkan fitur Deposit Pelanggan. Fitur ini berfungsi untuk menginputkan nilai deposit yang dapat diakumulasi dan digunakan oleh Pelanggan anda untuk bertransaksi.
Baca selengkapnya...

Relevansi Akuntansi Dengan Bisnis

03-09-2022 - Dibaca: 2198 kali.
Akuntansi merupakan sebuah teknik untuk mengelola informasi keuangan. Informasi berupa transaksi-transaksi di sebuah perusahaan. Sehingga, diperlukan teknik khusus dalam mengelola transaksi-transaksi keuangan ini. Setiap perusahaan atau pebisnis menginginkan usaha atau bisnisnya mengalami perkembangan. Saat ini di Indonesia perkembangan dunia bisnis semakin pesat. Pesatnya perkembangan didunia bisnis membuat berbagai macam cabang ilmu memainkan peranannya.
Baca selengkapnya...

Tutorial Cetak Shipping Label Marketplace

17-03-2023 - Dibaca: 2675 kali.
Proses pengiriman produk pada platform Marketplace atau toko online tidak hanya terbatas dari packing dan pengiriman saja, tetapi juga termasuk membuat shipping label. Shipping Label atau bisa disebut juga dengan Label Pengiriman adalah label yang berisi informasi pengiriman seperti alamat pengirim dan penerima, kode pos, nomor pesanan, dan lain-lain.
Baca selengkapnya...

Menggunakan Fitur Hitung Kas pada Erzap

26-06-2019 - Dibaca: 7333 kali.
Fitur ini umumnya akan digunakan oleh Kasir setiap selesai Shift/Closing, dimana Kasir akan menghitung Kas Fisik hasil penjualan atau Kas Kecil, dan menginputkan hasil perhitungan tersebut ke dalam Sistem.lalu Admin akan memeriksa hasil dari perhitungan kas tersebut, apakah ada selisih atau tidak. Bila terjadi selisih, Admin hendaknya meginfokan ke Kasir untuk menghitung kembali Kas Kecil yang jumlahnya selisih tersebut.
Baca selengkapnya...

Tutorial Menambahkan User Erzap

01-07-2022 - Dibaca: 5706 kali.
User Erzap adalah seseorang yang akan dapat menggunakan sistem back office Erzap. Menambahkan user Erzap dilakukan untuk memberikan akses kepada user tersebut agar dapat mengakses data dan sistem baik sebagai operator salah satu outlet, maupun sebagai administrator untuk mengakses seluruh outlet.
Baca selengkapnya...

Retur Servis Erzap ERP: Menjaga Kualitas Layanan Hingga Tuntas - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

retur servis, modul servis elektronik erzap,

Dalam dunia layanan purna jual, tidak semua proses servis berakhir tanpa kendala. Terkadang, pelanggan kembali setelah beberapa waktu karena unit yang telah diperbaiki mengalami gangguan serupa atau baru. Untuk mengantisipasi dan menangani situasi ini secara profesional, Erzap menyediakan fitur Retur Servis yang dapat diakses melalui dashboard back office.