Ssst! Sudah Tahu Rahasia CRM Ini? Yuk, Cari Tahu tentang Personalized Marketing!

07-01-2023 23:55:05, Dibaca: 1459

Apa itu Personalized Marketing?

Personalized Marketing atau disebut juga one-to-one marketing adalah strategi pemasaran yang memberikan layanan secara personal atau individual untuk setiap pelanggan. Dilansir dari Glints, personalised marketing memiliki tujuan untuk meningkatkan customer experience, customer loyalty, dan menghemat biaya iklan. Strategi ini bermula di tahun 1980-an, lahir dari konsep “relationship marketing” yang diusung oleh Leonard Berry, seorang profesor di Texas A&M University. Lambat laun, email marketing sebagai salah satu bentuk personalized marketing mulai populer di tahun 1990-an dan kemudian terminologi “one-to-one marketing” disebutkan dalam buku “The One-to-One Future” yang ditulis oleh Don Peppers dan Martha Rogers pada tahun 1994. Apa saja manfaat penggunaan strategi pemasaran tersebut? Berikut beberapa manfaat personalized marketing bagi optimalisasi CRM beserta tips implementasinya.

Manfaat Personalized Marketing bagi Bisnis

Personalized Marketing memiliki beberapa manfaat bagi bisnis, baik dari segi biaya maupun CRM.

1. Menyampaikan Informasi Lebih Terukur

Personalized marketing sangat mengandalkan data pelanggan dalam pelaksanaannya. Contohnya ketika perusahaan melakukan pemasaran personal seperti mengirimkan email marketing. Perusahaan harus memiliki data pelanggan terlebih dahulu untuk kemudian mengelompokkan mereka berdasarkan kategori dan mengirimkan email yang sesuai berdasarkan kategori tersebut. Perusahaan tinggal mengecek sesuai data yang dimiliki untuk memastikan seluruh pelanggan sudah mendapatkan informasi terbaru yang disampaikan perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan lebih mudah mengukur performa strategi pemasaran tersebut dan mudah melihat total konversinya.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Personalized Marketing merupakan strategi yang terukur sehingga perusahaan sudah mengetahui target pemasarannya dengan jelas. Hal ini tentu akan lebih menghemat biaya dibandingkan strategi pemasaran tradisional yang tidak fokus pada target niche melainkan seluruh audiens.

3. Membangun Relasi dengan pelanggan

Pemasaran Personal sesuai namanya akan memudahkan perusahaan dalam membangun relasi personal dengan pelanggan. Alasannya, pelanggan merasa informasi yang disampaikan perusahaan sesuai dengan yang mereka butuh maupun inginkan sehingga terkesan lebih personal dan khusus ditujukan untuk mereka.

4. Meningkatkan Loyalitas pelanggan

Apabila pelanggan merasa diperhatikan oleh perusahaan dan merasa puas dengan informasi yang diberikan, hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga program CRM Anda yang lain juga lebih memiliki kemungkinan untuk berhasil. Selanjutnya Anda tinggal fokus mempertahankan pelanggan (customer retention) untuk mengehemat biaya pemasaran lebih lanjut.

5. Memudahkan Edukasi pelanggan

Target pemasaran personal adalah pelanggan yang sudah pernah “berinteraksi” dengan produk Anda sebelumnya. Dengan demikian, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengedukasi pelanggan terkait dengan produk lain yang ditawarkan perusahaan.

Anda mungkin tertarik Siap-siap! Ini 5 Tren Bisnis di 2023 yang Potensial

Tips Implementasi Personalized Marketing Lebih Efektif

1. Selalu Kumpulkan Data pelanggan

Data pelanggan tidak hanya bermanfaat untuk email marketing, tetapi juga bentuk pemasaran personal lain seperti WhatsApp Community, Campaign di sosial media, dan telemarketing. Data yang dimaksud bukan sekadar nomor telepon atau alamat email, tetapi juga data mengenai gender, usia, dan lokasi pelanggan yang bisa Anda lihat melalui laporan insight Instagram.

2. Modifikasi Template saat Mengirim Email Marketing

Email yang dikirimkan kepada pelanggan kemungkinan memiliki template yang sama. Namun, Anda masih bisa memodifikasi pesan tersebut sehingga tetap memiliki kesan personal. Terlebih jika pesan yang dikirimkan adalah pesan ulang tahun dan hari raya.

3. Memanfaatkan Teknologi

Mengirimkan email kepada beberapa alamat email sekaligus dapat menguras waktu dan tenaga. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam hal ini. Misalnya dengan menggunakan software ERP seperti ERZAP yang memiliki fitur email blast dan newsletter untuk membantu Anda meminimalisir kesalahan ketika mengirimkan beberapa email sekaligus. ERZAP juga dilengkapi dengan fitur CRM lain seperti kategori dan jenis pelanggan. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengirimkan email berdasarkan kategori dan jenis pelanggan tertentu. Selain personalized marketing, ada strategi lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga relasi dengan pelanggan. Klik di sini untuk melihat tips menjaga loyalitas pelanggan atau klik tombol di bawah untuk mencoba fitur-fitur lainnya.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Metode Pencatatan Beban Ekspedisi Erzap

22-07-2022 - Dibaca: 2299 kali.
Pengertian dari ekspedisi adalah pengiriman barang ataupun perusahaan pengangkutan barang. Jasa ekspedisi biasanya akan memberikan harga pengiriman barang, baik berdasarkan berat barang maupun berdasarkan jarak kota yang ditempuh. Tutorial kali ini akan membahas mengenai Metode - metode pencatatan beban ekspedisi pada sistem Erzap.
Baca selengkapnya...

Kenali 8 Fitur WhatsApp Bisnis untuk Para Pebisnis

03-07-2022 - Dibaca: 3199 kali.
Belum beralih ke WhatsApp Buesiness? Ini nih, 8 fitur yang bisa berguna bagi bisnis Anda.
Baca selengkapnya...

MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK

24-01-2018 - Dibaca: 12556 kali.
Pencatatan Serial Number memiliki manfaat signifikan bagi toko handphone. Pencatatan Serial Number membantu toko untuk memantau inventaris perangkat seluler yang dijual. Dengan memiliki catatan Serial Number untuk setiap perangkat, toko dapat dengan mudah melacak dan mengelola stoknya, menghindari kehilangan atau kebingungan terkait inventaris. Erzap ERP menawarkan fitur manajemen Serial Number untuk membantu perusahaan dalam melacak dan mengelola inventaris perangkat dengan efisien. Dengan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah mencatat dan memantau setiap Serial Number atau IMEI dari perangkat yang dimiliki. Hal ini memudahkan dalam pelacakan stok, meminimalkan risiko kehilangan atau kebingungan inventaris, serta meningkatkan akurasi data.
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Pesanan untuk Sales di Aplikasi Erzap Teams

25-01-2023 - Dibaca: 2382 kali.
Fitur terbaru yang baru saja dirilis adalah Fitur Pesanan khusus untuk Sales di Aplikasi Erzap Teams. Diharapkan fitur ini dapat memenuhi kebutuhan dari Sales yang memilik mobilitas tinggi dan mempercepat proses dalam melakukan pemesanan melalui smartphone, dimana sebelumnya pemesanan hanya dapat dilakukan melalui website back office Erzap.
Baca selengkapnya...

Transfer Kas Erzap

24-12-2020 - Dibaca: 4765 kali.
Malas Catat Pembukuan? Let Erzap Handle This. Pembukuan dari Erzap akan dilakukan secara Otomatis oleh Sistem. Anda cukup menginputkan memilih dan memasukan nominal dari Akun Kasnya. Tidak perlu untuk buat Jurnal secara manual. Praktis bukan? Bagaimana cara untuk Transfer Kas di Erzap? Simak Tutorialnya dibawah
Baca selengkapnya...

Ssst! Sudah Tahu Rahasia CRM Ini? Yuk, Cari Tahu tentang Personalized Marketing! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Tips Pemasaran, Personalized marketing, pemasaran personal, email marketing

Personalized marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang efektif untuk mendukung CRM. Cari tahu lebih lanjut di sini.